Langsung ke konten utama

"Apa Itu Logo? Apakah usaha saya perlu logo?"



Pasti Kamu Sering banget bertemu dengan logo, emang logo itu apa sih?.

Logo adalah sketsa atau gambar yang mewakili perusahaan, produk, organisasi, branding maupun individual. Logo yang baik adalah dapat menyampaikan mengkomunikasikan pesan sesuai apa yang dimaksud, logo pun harus khas, sesuai sederhana dan praktis.

blog ini sekaligus akan menjawab;
"Apakah usaha saya perlu logo? logo Seperti apa yang cocok untuk usaha saya?"

logo tidak hanyalah brand, logo adalah simbol yang memperesentasikan brand kamu.
katanya kebanyakan orang logo harus menunukan keseluruhan bentuk usaha kita.Logo harus keren, dan bagus. itu hanyalah mitos. Pada dasarnya logo adalah simbol sebaik baiknya simbol yang mudah di ingat. Apabila sebuah logo mengandung banyak elemen, maka logo tersebut akan terlalu rumit dan dan sulit untuk di ingat. 

Logo itu dibaratkan dengan wajah atau nama. Setiap orang bisa mudah mengenali antara satu dengan yang lain hanya melihat dan mendengar namanya saja orang sudah mengenalinya. Begitu juga dengan halnya logo merupakan sebuah visi penyampaian melalui sebuah penampilan gambar dengan nama yang sederhana. 

Seberapa penting sih logo itu? emang Perbepengaruh ?
logo itu sangat penting dan memiliki fungsinya, pada dasarnya fungsi logo haruslah mudah di ingat. Tetapi banyak juga funsinya atau cara kerjanya,

1. Sebagai Identitas (Branding) produk atau jasa.
Supaya bisa membedakan identitasmu dengan kompetitor. Pesan sebuah produk atau jasa akan mudah tersampaikan secara efektif. Dan juga itu dibataratkan wajah kamu sendiri, dan tidak ada yang sama persis dengan kamu di seluruh dunia.

2. Sebagai Tanda kualitas tingkatan produk di pasar.
Fungsi logo bisa menjadi indikasi tingkatan produk di pasar, golongan konsumen dengan harganya. Pada Umumnya produk atau jasa memiliki karakteristik tertentu. Sehingga hanya melihat logonya saja bisa membayangkan harga mahalnya produk.

3. Pencegahan pembajakan suatu produk.
Sebuah logo memberikan kualitas serta keaslian produk, Logo juga memiliki arti yang lebih dari cap dagang bisa menjadi, indikasi, posisi di pasar, dan kualitas produk
Keaslian produk serta kepercayaan konsumen terhadap produknya dan jasa perusahaan. Produk sudah sangat terkenal,dengan mengalami sukses pada pasar, akan ditiru oleh perusahaan lain dengan memanfaatkan karakteristik produk yang ditiru. 

4. Memberikan informasi pembeda, keaslian, nilai dan kualitas dengan brand lain.
Logo sebagai media penyampai informasi dalam bentuk komunikasi visual berupa gambar atau tulisan. Logo juga dapat menyampaikan informasi mengenai brand suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Dengan adanya logo, diharapkan publik semaikin mengenal lebih dalam tentang produk atau lembaga terkait.

5. Sebagai sarana pengaturan emosi.
Biasanya terdapat pada logo brand menjual produk maupun jasa. Logo yang dibuat merupakan bagian dari emosi yang dituangkan dalam logo.

6. Sebagai sarana promosi atau presentasi.
Fungsi ini dijadikan fungsi utama oleh sebagian orang pembuatan logo digunakan untuk mempromosikan produk atau memperkenalkan kepada publik.

Nah Sekarang sudah taukan fungsi logo sebenarnya, jika bagimu ini sangat bermanfaat banyak orang bagikan. 
jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan langkan untuk membangun brand bisnis dari awal

Hai Pebisnis Muda!  Membangun brand tidaklah sangat mudah. Tetapi kamu membaca lanjut artikel ini kamu akan di berikan solusinya. Disini akan diberikan pertanyaan yang kamu harus berfikir dan menjawab pertanyaan dan menulisnya dikertas. Bagaimana bisa mewakili nilai bisnis ke audiensmu. Kamu harus menjadi jembatan bagi audiensmu dengan produkmu. Brand yang baik meiliki pengaruh yang besar pada audiensmu, dan memiliki yang berbasis yang loyal. Membangun brand miliki banyak cara yang kamu harus lakukan. Untuk keseluruhannya akan aku bahas kedepannya, jika kamu tidak ingin untuk ketinggalan silahkan langganan pada blog ini. Berikut membangun brand dari awal! 1. Tentukan target audience / marketmu. Target audience adalah sekelompok orang yang kamu harapkan menjadi pengguna produkmu, kalau target market adalah yang menjadi pembeli produkmu.  Kepada siapa produkmu dijual? lakukan riset tidak hanya kepada audience. Lakukan kepada kompetitor yang produk yang mirip dengan produk yang kamu jual.

Jenis jenis logo desain ini yang sangat cocok dengan bisnismu!

Berikut tujuh jenis logo dan penggunaannya yang bisa kamu jadikan referensi untuk bisnismu. 1.Logo Lettermark atau logo monogram logo ini yang terdiri dari dari huruf (letter), logo ini memiliki dua huruf atau lebih yang kemudian dibagi menjadi satu yang dikaitkan. Jika dikaitkan dengan penggunaan monogram pada logo ini diambil dari nama atau nama panjang. Orang orang bisa mengenali dengan mudah logo tersebut. Esensi dari logo ini adalah kesederhanaan. meskipun logo ini terlihat mudah tetapi, dibalik pembuatannya tidak segampang perkiraan.  2. Maskot Logo Maskot adalah yang mewakili identitas perusahaan. Logo maskot Jenis ini adalah bisa menggunakan karakter mahluk hidup. logo ini biasannya colorfull  terkesan menjadi  playfull  dan juga di tambahkan nama persuhaan daln lain - lain. Logo ini dianggap menjadi juru bicara bagi usahamu/perusahaanmu.  Logo ini mudah untuk di kenali dan mudah untuk dingat, dikarenakan adanya maskot dalam logo tersebut. Logo maskot ini seperti halnya brand a