Langsung ke konten utama

Ringkasan langkan untuk membangun brand bisnis dari awal


Hai Pebisnis Muda! 

Membangun brand tidaklah sangat mudah. Tetapi kamu membaca lanjut artikel ini kamu akan di berikan solusinya. Disini akan diberikan pertanyaan yang kamu harus berfikir dan menjawab pertanyaan dan menulisnya dikertas. Bagaimana bisa mewakili nilai bisnis ke audiensmu.

Kamu harus menjadi jembatan bagi audiensmu dengan produkmu. Brand yang baik meiliki pengaruh yang besar pada audiensmu, dan memiliki yang berbasis yang loyal.

Membangun brand miliki banyak cara yang kamu harus lakukan. Untuk keseluruhannya akan aku bahas kedepannya, jika kamu tidak ingin untuk ketinggalan silahkan langganan pada blog ini. Berikut membangun brand dari awal!


1. Tentukan target audience / marketmu.

Target audience adalah sekelompok orang yang kamu harapkan menjadi pengguna produkmu, kalau target market adalah yang menjadi pembeli produkmu. 

Kepada siapa produkmu dijual? lakukan riset tidak hanya kepada audience. Lakukan kepada kompetitor yang produk yang mirip dengan produk yang kamu jual. Dari situ kamu juga mengetahui siapa target audience. kompetitor.

2. Carilah pegerakan kompetitor

Didalam sebuah bisnis jika kamu terjun pasti akan menemukan kompetitor. Kompetitor bisa didenifisikan pebisnis yang menjual produk serupa dengan produkmu. Jika pesaingmu tidak bisa kamu kendalikan maka siap - siap bisnismu akan hancur, karena pelanggan anda akan pindah ke kompetitormu berikut ini adalah cara mengetahui pergerkan kompetitor: 

◘ Jadilah customer bayangan.

◘ Stalking sosial media dan website kompetitor.

◘ Stalking iklan kompetitor.

◘ Lokasi kompetitor.

◘ Kelengakapan mutu kompetitor.

 Hingga perencanaan kedepannya kompetitor.

Sebenarnya masih banyak lagi yang harus dianalisa dari kompetitor nanti akan aku bahas lebih detail di artikitel berikutnya!

3. Tentukan karakter brand

Menetukan brand sangatlah penting! karena karakter brand ini sangatlah berpengaruh saat membangun brand yang kamu miliki.

Jadi apa yang kamu berikan value pada brand yang kamu miliki? kebutuhan dalam bidang apa yang dapat memenuhi brand? bagaimana cara mengantarkan value brandmu?

Pertanyaan seperti ini harus kamu jawab dahulu supaya mendapatkan arahan yang jelas brand mu menjadi karakter seperti apa yang kamu miliki.

Setelah itu kamu perlahan - lahan untuk fokus dengan karakter brand kamu. Cara memberikan karakter pada brand lakukan seperti halnya kita sebagai manusia. 

Kamu fikirkan bagaimana penampilannya? Karakter bagaimana yang membuat brandmu loyal dengan audiencemu? Seperti ini dapat menentukan brand voice di media social atau jaringan internet lain. Kamu juga dapat menentukan dari digital creative, dari copywriting maupun desain.

4. Tentukan nama brand 

Nama brand bisa menjadi dampak yang kecil ataupun yang besar pada brand kamu. Brand lebih besar dari nama, karakteristik, tindakan, reputasi dari sebuah brand akan membuat dampak besar pada brand. 

Sebuah nama brand harus memiliki komitmen tetapkan di awal berdiri brandmu. Brand kamu akan berpengaruh dari pembuatan logo, penentuan domain website, username social media, hingga merk dangang.

Buatlah nama brand mu yang berbeda, dan yang paling penting buatlah nama brand yang mudah diingat. Dan memiliki arti yang mendalam apabila jika kamu ingin mengespensi bisnis kamu dengan luas.

5. Tentukan slogan brand

Buatlah slogan yang merangkum visi dan misi brandmu namun tetap saja ini sedikit lebih sulit menentukannya. Slogan yang singkat dan mendeskripsikan brandmu akan membuat brand mu lebih mudah dikenal oleh audience. dan kamu juga bisa menempatkannya di website hingga social media brandmu. 

Slogan juga bisa di ganti - ganti dengan seiring dengan perkembangan brandmu dan setiap kamu menemukan strategi marketing brandmu. 

6. Carilah penampilan brandmu

Baik warna dan font yang digunakan oleh brandmu yang akan dibuat, Itu adalah sangat penting untuk ditetapkan. Setelah kamu menentukan, saatnya kamu menentukan tampilan visualnya. Kamu juga bisa berbicara denganku tentang bagaimana tampilan brandmu yang akan dibuat. 

7. Desain logo brand

Logo brandmu kamu bisa menggunakan jasaku. Logomu itu ibaratkan seperti wajah manusia kamu bisa mencari detail tentang logo di artikelku sebelumya yaitu "Apa itu logo? Apakah usaha saya butuh logo?" kamu bisa baca dengan detail. 

8. Invovasi terus brandmu

Membangun brand tidak hanya membuat logo dan slogan saja. Ciptakan brandmu yang selalu berinovasi tiada henti, brandmu harus berinteraksi dengan pelangganmu. 

Yang harus kamu sadari kamu harus mengapresiasi kenyataan bahwa kamu tidak akan bisa mengendalikan 100% kendali terkait orang mempresepsikan brand kamu.

Oleh karena itu kamu harus menjaga reputasi dengan pelanganmu, terutama pelangan setiamu, sehingga kamu bisa menciptakan brand yang loyal pada bisnismu. 


Perlu diingat ini hanyalah sebuah ringkasan dan masih banyak lagi yang harus kita pelajari, dan seperti biasa "Bangunlah Brandmu denganku, Mari kita cari"

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Apa Itu Logo? Apakah usaha saya perlu logo?"

Pasti Kamu Sering banget bertemu dengan logo, emang logo itu apa sih?. Logo adalah sketsa atau gambar yang mewakili perusahaan, produk, organisasi, branding maupun individual. Logo yang baik adalah dapat menyampaikan mengkomunikasikan pesan sesuai apa yang dimaksud, logo pun harus khas, sesuai sederhana dan praktis. blog ini sekaligus akan menjawab; "Apakah usaha saya perlu logo? logo Seperti apa yang cocok untuk usaha saya?" logo tidak hanyalah brand, logo adalah simbol yang memperesentasikan brand kamu. katanya kebanyakan orang logo harus menunukan keseluruhan bentuk usaha kita.Logo harus keren, dan bagus. itu hanyalah mitos. Pada dasarnya logo adalah simbol sebaik baiknya simbol yang mudah di ingat. Apabila sebuah logo mengandung banyak elemen, maka logo tersebut akan terlalu rumit dan dan sulit untuk di ingat.  Logo itu dibaratkan dengan wajah atau nama. Setiap orang bisa mudah mengenali antara satu dengan yang lain hanya melihat dan mendengar namanya saja orang sudah men

Jenis jenis logo desain ini yang sangat cocok dengan bisnismu!

Berikut tujuh jenis logo dan penggunaannya yang bisa kamu jadikan referensi untuk bisnismu. 1.Logo Lettermark atau logo monogram logo ini yang terdiri dari dari huruf (letter), logo ini memiliki dua huruf atau lebih yang kemudian dibagi menjadi satu yang dikaitkan. Jika dikaitkan dengan penggunaan monogram pada logo ini diambil dari nama atau nama panjang. Orang orang bisa mengenali dengan mudah logo tersebut. Esensi dari logo ini adalah kesederhanaan. meskipun logo ini terlihat mudah tetapi, dibalik pembuatannya tidak segampang perkiraan.  2. Maskot Logo Maskot adalah yang mewakili identitas perusahaan. Logo maskot Jenis ini adalah bisa menggunakan karakter mahluk hidup. logo ini biasannya colorfull  terkesan menjadi  playfull  dan juga di tambahkan nama persuhaan daln lain - lain. Logo ini dianggap menjadi juru bicara bagi usahamu/perusahaanmu.  Logo ini mudah untuk di kenali dan mudah untuk dingat, dikarenakan adanya maskot dalam logo tersebut. Logo maskot ini seperti halnya brand a